Marquez Juara Dunia

by
Foto : Getty Images

Marc Marquez berhasil memenangi duel sengit melawan Andrea Dovizioso di MotoGP Jepang. Kemenangan ini memastikan Marquez juara dunia usai mengantongi 296 poin, unggul 102 poin dari rival terdekatnya Dovizoso (194 poin). Dengan tiga balapan tersisa, perolehan angka Marquez tidak akan bisa terkejar.

Di Sirkuit Motegi, Minggu (21/10) siang WIB, Marquez dan Dovizioso bertarung di posisi dua terdepan di sebagian besar balapan. Momen penentuan Marquez terjadi di putaran-putaran terakhir setelah menyalip rivalnya itu di putaran keempat terakhir. Setelahnya Dovizioso jatuh sehingga finis di urutan ke-18.

Rider LCR Cal Crutchlow berhak atas podium kedua, yang dilengkapi Alex Rins. Sementara Valentino Rossi finis di urutan keempat, di depan Alvaro Bautista.

Johann Zarco harus puas finis keenam setelah start di posisi kedua. Pebalap Tech3 itu berada di depan Maverick Vinales dan Dani Pedrosa. Pebalap Malaysia Hafiz Syahrini finis 10 besar, di belakang rider Pramac Danilo Petrucci.

Usai balapan, Marquez mengungkapkan strategi jitu yang dipakai hingga menjadi yang tercepat di Motegi. Ia mengungkapkan bahwa strategi balapannya kali ini mengulangi yang dia lakukan di MotoGP Thailand. Di Buriram, Baby Alien juga menjadi pemenang berkat keberhasilan menyalip rider Italia itu di tikungan terakhir.

“Saya terus bisa menguntit Andrea, lalu saya bilang, oke saya akan mencoba untuk menggunakan strategi yang sama seperti di Thailand, menyerang sebelum lap terakhir karena saya merasa mereka mempunyai sesuatu,” kata Marquez di Reuters.

“Saya terus menekan sangat keras dan dia melakukan kesalahan,” dia menambahkan.

Soal persaingan dengan Dovizioso, Marquez bilang bahwa dirinya begitu menikmatinya sepanjang musim ini. “Pertarungannya (dengan Dovizioso) sungguh hebat sepanjang tahun,” kata Marquez.

“Dovi lawan yang berat sepanjang tahun dan menyambut balapan ini dia sangat-sangat cepat,” dia menambahkan.

Ini menjadi keberhasilan Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP untuk kelima kalinya. Rider Repsol Honda itu menyamai pencapaian Mick Doohan. Sebelumnya, dia menjadi juara pada 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Marquez turut akan naik ke peringkat ketiga pemegang titel juara kelas primer terbanyak di belakang Giacomo Agostini (8) dan Rossi (7). (dts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This Blog will give regular Commentators DoFollow Status. Implemented from IT Blögg